Selasa, 31 Januari 2017

Tontonge yang bodoh


Di sebuah desa ada satu keluarga dan mempunyai anak laki laki yang bernama tontonge.

 Tontonge ada seorang remaja yang tidak bersekolah karena kehidupannya yang sangat miskin itu, dia juga sering berpindsh pindah mengikuti ayahny ke ladang. 

Dia juga tidak pintar berladang karena di ladang tersebut sangat berlumpur apalgi sedang musim hujan karena dalam pikirannya berladang itu dapat merusak kakinya.

Oleh karena itu dia lbh suka berpindah pindah hingga jauh dari kampung halamanny sendiri, setelah bertahun tahun meladang sesekali dia pulang untuk menjenguk ibunya yang sudah tua itu.

 Pada suatu pagi si tontonge berhasil membuat jaringan ikan, setelah selesai dia simpan di belakang halaman rumah. Karena pekerjaanya meladang itu sehingga membuat tontonge lupa akan jaring ikan yang dibuatnya itu.

Pada suatu hari tontonge hendak pulang ke kampung halamannya dengan membawa jaringan ikan maka dengan sangat murka jaringan tersebut telah di makan habis oleh anai anai yang ada di halaman rumahnya, 

maka dia berpikir jaring ika ku habis di makan anai anai mak anai anai la yang akan ku bawa ksh ibuku. Setelah berjalan cukup jauh tontonge merasa kelelahan dan istirahat dibawah phon besar dan tertidur.

Setelah tontonge terbangun dari tidurnya dia terkejut karna anai aninya telah habis di makan sesuatu, maka dengan emosi dia mencari binatang apa yang berani memakan anai anai ku ini setelah lama dia mencari rupanya seekor ayam jantan yang makan anai anainya. Agen poker Terpercaya

Lalu tontonge mengejar ayam itu dan segera menangkapnya karena yang terakhir makan anai anainy adalah ayam ini maka dialah yang akan ku bawa ksh ibu ku. 

Lalu tontonge segera melanjutkan perjalanan kembali hingga tiba di sebuah perkampungan ada seorang pemuda tua melihat tontonge sedang membawa seekor ayam dan hendak mencari makan.

Maka di dekatilaj tontonge itu, "Hai, pemuda silakan engkau menaruhkan ayam kamu dalam kandangku dan engkau makan di warung sebelah dulu. 

Ok, tolong jaga ayamku jangan sampai mati. Setelah selesai makan ternyata apa yang di khawatirkan tontonge pun terjadi ayamnya mati karena tertimpa alu penumbuk padi.

Pemuda tua tersebut meminta maaf untuk menggantikan ayam jago tontonge, tetapi tontonge menolakny karena dia merasa tidak adil maka yang dia mau adalah alu penumbuk padi itu. 

Setelah mengangkat dengan susah payah sampailah dia di sebuah perkampungan yang sudah mendekati rumahnya. Dan ada seorang petani meminjam alu tontonge itu. Agen DominoQQ

Tontongw berkata ok saya pinjam asal jangan sampai patah ya alu nya, jawab petani itu iya jika patah ambillah sapi sapi ku ini sebagai gantinya. 

Lalu tontonge membantu petani memasangnya ga lama setelah pemasangan tiba tiba ada seekor sapi yang besar lari menabrak alu alunya hingga patah.

Dan akhirnya dia pun mendapatkan pengganti seekor sapi dan melanjutkan perjalanannya dan sampailah dia di sebuah pohon nangka yang besar karena kelaparan dia segera memanjat pohon itu dan memakan buah nangka hingga kenyang.

 dan akhirnya pun dia tertidur pulas di bawah pohon nangka itu tak di sangka tiba tiba angin bertiup sangat kencang dan salah satu buah nangka yan besar itu jatuh dan tertimpa kepala sapinya sehingga menyebabkan sapinya itu mati. BandarQ Online

Lalu di kumpulnya seluruh nangka itu dan hendak di bawa pulang ke rumah dan tiba lah dia ke rumahnya hanya dengan membawa satu keranjang nangka, walaupun ibunya merasa tontonge sangat bodoh tetap dia tetap bersyukur karena anknya tontonge berniat untuk membahagiakan orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar