Minggu, 15 Januari 2017

Si Lancang


Dahulu di sebuah negeri kampar hiduplah seorang janda tua yang sangat miskin dan mempunyai seorang anak yang bernama si Lancang, mereka tinggal di sebuah gubuk reot. 

lancang sudah tidak mempunyai seorang ayah lagi karna sewaktu kecil ayahnya sudah meninggal akibat sakit keras.

Ibunya hanya bekerja sama orang lain menggarap ladang, dan Lancang di suruh ibunya untuk menggembalakan ternak tetangganya. 

Disuatu pagi dia sedang duduk merenungkan nasibnya kenapa bisa miskin, akhirnya dia bertekad untuk kerja dikota agar bisa menjadi orang kaya di negerinya.

Lalu si Lancang ketemu dengan ibunya dan memohon agar ibunya mengizinkan dia untuk merantau di kota, setelah berpikir yang sangat panjang akhirnya ibu si Lancang mengizinkannya,.

 tetapi dengan satu syarat harus mengabari ibunya setiap bulannya dan jika sudah sukses segera pulang ya. BandarQ Online

Lancang menjawab Iya bu, setelah saya menjadi orang kaya pasti aku akan segera pulang mencari ibu, Ibu si Lancang sangat sedih sekali karena akan di tinggalkan si Lancang sendirian di kampung dan Lancang menghibur ibunya dengan kata tenang aja bu Lancang sukses menjadi orang kaya ibu pun tidak usah susah lagi.

Keesokkan harinya si Lancang pun segera berangkat ke kota dan Ibunya membekali dia dengan lumping dodak untuk Lancang makan di tengah jalan jika perutnya terasa lapar. 

setelah bertahun tahun si Lancang merantau akhirnya dia mendapatkan saudagar yang kaya raya dan berkat kerajinan si Lancang saudagar kaya raya tersebut nikahkan putrinya dengan si Lancang.

Hidup si Lancang sekarang sudah tenang dan Mempunyai berpuluh-puluh kapal dagang dan ratusan anak buah.

 tetapi Lancang melupakan Ibunya yang masih hidup miskin di kampung halamannya, tibalah suatu hari Si Lancang di tugaskan untuk bertugas di kampung halamannya yaitu ke Andalas.

 Istri istri si lancang pun membawa seluruh kemewahan si lancang untuk berpesta di kapal seperti makanan hingga alat musik untuk berpesta di atas kapal.

Dalam perjalanan menuju andalas mereka semua berpesta ria hingga sampai lah si Lancang di kampungnya sendiri, tetangga si lancang sangat takjub dengan kemewahan kapal si Lancang dan turun lah si Lancang dari kapalnya dan salah satu tetangganya si Lancang mengenalinya dan memberikan kabar sukacita kepada ibunya yang sedang jatuh sakit. Agen DominoQQ

setelah mendengar kabar gembira tersebut Ibunya cepat cepat bangun dari tidurnya dan segera menemui si Lancang, sesampai di pelabuhan Kampar Ibunya sangat kagum akan kemewahan kapal si Lancang dan ibunya segera mau menaiki kapal tersebut tetapi langsung di halangi oleh anak buah Lancang.

"Hai siapa kamu beraninya kamu menaiki kapal mewah kami, pergi dari sini wanita miskin dan kotor.

Saya adalah Ibunya si Lancang, Tolong bantu saya pertemukan dengan anak saya, setelah mendengar ribut ribut si Lancang bersama istrinya berjalan keluar dan berkata kepada pengawalnya Usir dia, dia bukan ibuku teriak si Lancang.

Dengan sangat hancur hati ibunya pulang ke rumah dan berdoa ibunya mengambil lesung dan nyiru pusaka dan berkata Tuhan tunjukkan kuasamu si Lancang sudah durhaka dan melupakan saya sebagai ibunya. 

lalu tiba tiba terjadilah angin badai dan gelombang ombak yang tinggi menghantam kapal Lancang hingga hancur lebur. Poker Uang Asli

setelah kejadian tersebut lancang menyesali perbuatannya dan sudah terlambat semua sudah hancur dan Lancangpun tenggelam bersama istri istrinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar