Sabtu, 31 Desember 2016


Kita akan bercerita tentang cerita rakyat dari jawa tengah:
Konon zaman dahulu kala terdapat sebuah kerajaan yang sangat besar yang bernama prambana, rakyatnya sangat senang hidup aman dan damai.

 suatu hari kerajaan prambana di serang dan di jajah oleh negeri Pengging, kesejahteraan dan ketentraman rakyat prambanan tersebut menjadi terganggu.

 dan para tentara dari prambanan tidak dapat menandingi serangan dari pasukan pengging, akhirnya kerajaan prambanan dikuasai oleh oleh kerajaan pengging yang dipimpin oleh Bandung Bondowoso.

 Bandung Bondowoso adalah seorang yang suka memerintah dengan kejam, siapa pun yang tidak tidak mau mendengar perintah nya maka akan di jatuhi hukuman berat. kata Bandung Bondowoso kepada semua rakyat prambanan.

Bandung Bondowoso adalah seorang yang sakti dan mempunyai pasukan jin. tidak lama bertahta Bandung Bondowoso suka mengamati gerak gerik Roro Jonggrang putri dari raja Prambanan yang cantik dan ayu.

Rupanya ada yang melaporkan kepada Roro Jonggrang bahwa  raja Bandung Bondowoso ingin jadikan dia sebagai permaisuri.
sentak Roro jonggrang sangat terkejut, keesokkan harinya langsung raja Bandung Bondowoso menyapa Roro jonggrang dan bertanya apakah kamu bersedia menjadi permaisuriku.?? 

Roro jonggrang kaget  dan mengatakan dalam hatinya kurang ajar bangat ini laki laki tidak kenal dengan saya berani mengambil saya sebagai permaisurinya,.

tetapi apa yang harus saya lakukan jika saya menolak maka rakyat kecilku dan keluargaku akan di siksa olehnya, jika saya meng iyakan permintaannya saya tidak mencintainya.

Lalu Bandung Bondowoso bertanya sekali lagi apakah kamu mau menjadi permaisuriku?? Ok saya bersedia menjadi permaisuri mu tetapi ada syaratnya apakah raja Bandung Bondowoso bisa memenuhi nya??

"Jawab Bandung Bondowoso ok saya akan memenuhi smua syarat mu, apakah kamu mau istanaku yang mewah, atau harta yang melimpah.. Situs Poker Online

Bukan itu yang saya mau raja Bandung Bondowoso,tetapi yang saya mau adalah buatkan kasih saya candi seribu buah.
Apa seribu buah candi?? teriak Bandung Bondowoso, iya raja hatus selesai dalam waktu semalam ya. 

dengan rasa kesal dan geram dia menatap Roro jonggrang. berikan saya waktu berpikir kata raja tersebut pada Roro jonggrang.

Kemudian dia kembali ke kerajaannya dan menanyakan kepada sang penasehatnya, bagaimana saya bisa membuat seribu candi dalam waktu semalam? 

lalu sang penasehat memberikan saran kepada raja Bandung Bondowoso, raja kan mempunyai pengikut jin yang banyak minta bantuan mereka aja raja. Betul juga saran anda penasehat,

keesokkan harinya sang raja pun menyiapkan segala persiapan yang mau dibuat untuk candi tersebut, setelah disiapkan semua peralatannya sang raja pun berdiri di depan altar batunya kedua tangannya dilentangkan lebar lebar lalu berteriak lah sang raja wahai para jin ku semua datang la....  Agen poker Terpercaya

lalu datang la jin raja tersebut dan bertanya kepada tuannya apa yang hendak kami perbuat untuk anda raja?? saya ingin kalian bantu saya siapkan seribu candi bisakah kalian lakukan untuk saya? 

Bisa raja jawab pemimpin raja tersebut. lalu semua jin bersiap siap untuk selesaikan candi tersebut dalam waktu semalaman. kemudian Roro jonggrang memperhatikan dari jarak jauh, iya takut karena sang raja dibantu oleh jin nya.

Lalu Roro jonggrang menyuruh pelayannya semua untuk berkumpul dan mengumpulkan jerami lalu di suruh bakar seluruh jerami itu dan sebagian pelayannya di suruh menumbuk lesung,.

 lalu api yang membesar itu terlihat dilangit seolah olah fajar yang menyingsing, lalu perintah pimpinan jin tersebut ayo kita segera pergi kalau tidak nanti tubuh kita akan terbakar oleh matahari tersebut, lalu smua jin tersebut kabur berhamburan meninggalkan tempat tersebut.

 dan keesokkan harinya sang raja mengajak Roro jonggrang untuk melihat hasilnya, setelah dihitung rupanya masih kurang satu buah candi lagi dan raja Bandung Bondowoso sangat murka dan mengutuk Roro jonggrang jadi batu untuk melengkapi permintaannya. Agen DominoQQ

Dan sampai saat ini semua candi candi tersebut dapat di lihat di Jawa tengah,terletak di wilayah prambanan dan salah satu candi tersebut di namakan candi Roro jonggrang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar